Sunday, March 31, 2013

Laporan / Makalah Mengenai Bioteknologi pada Yogurt ( Tugas Biologi SMP Kelas 9 )

HALO:)
Mau berbagi nih><
Ini tugas Riza untuk Ujian praktek loh~ Semoga membantu kalian semua yaaa~ hahaha berikut laporannya.... 


_________________________________


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah swt, yang mana telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kami, sehingga kami bisa menyelesaikan laporan ini dengan baik. Laporan ini kami buat untuk memenuhi tugas biologi.

Di dalam mengerjakan laporan ini kami banyak mendapat kesulitan, tetapi akhirnya dapat terselesaikan. Untuk itu dengan kerendahan hati kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Imam selaku guru biologi yang telah membina dan membimbing kami.

Kami sadar bahwa dalam pembuatan laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami tidak menutup diri dari kritik dan saran dari para pembaca. Semoga laporan ini bisa berguna bagi kita semua, khususnya siswa-siswi SMPN 27 Bandung.


Bandung, 23 Februari 2012

Penulis

____________________________________________________________

DAFTAR ISI


- Kata Pengantar
- Daftar Isi

BAB I PENDAHULUAN
- Latar Belakang
- Tujuan
- Rumusan Masalah

BAB II PEMBAHASAN
- Alat dan Bahan
- Cara Pembuatan

BAB III PENUTUP
- Kesimpulan
- Saran
- Kata Penutup

__________________________________________________


BAB I PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
Fermentasi merupakan bentuk tertua dari bioteknologi Minuman ber alkohol (bir, anggur, tuak), Makanan ter fermentasi (keju, yogurt, tape, tempe, petis, terasi). Orang Somaria dan Babilon kuno sudah minum bir sejak 6000 tahun sebelum Masehi. Orang Mesir sudah membuat adonan Kue Asam sejak 4000 tahun sebelum Masehi. Sedangkan di Eropa, minuman anggur sudah dikenal jauh dimasa lalu dengan proses fermentasi Perkembangan Bioteknologi Jaman sebelum Louis Pasteur. Tujuan Fermentasi adalah untuk menghasilkan suatu produk (bahan pakan) yang mempunyai kandungan nutrisi, tekstur, biological availability yang lebih baik, disamping itu juga menurunkan zat anti nutrisi nya (Darma, 2010).

Pada praktikum ini, kami akan melakukan sebuah proses fermentasi, yaitu membuat yogurt.

Protein sebagai salah satu komponen gizi yang dibutuhkan manusia. Protein ini dapat diperoleh dari bahan nabati ataupun hewani. Dari bahan hewani salah satunya adalah dari susu. Susu dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai pola menu empat sehat lima sempurna. Susu mengandung protein yang langsung diserap.

Didaerah yang menghasilkan susu cukup tinggi,kadang – kadang sering terjadi kerusakan karena tidak cepat terjual. hal ini sangat merugikan bagi peternak susu. Untuk itu perlu adanya penanganan susu yang sederhana dan menjanjikan keuntungan yang lumayan adalah pengolahan yogurt. Dan saat ini yogurt dalam bentuk flavoured yoghurt cair dingin ataupun beku sangat digemari dikalangan anak – anak ataupun remaja,khususnya di kota–kota besar.

Mengkonsumsi susu sangat bermanfaat bagi kecukupan gizi masyarakat karena yogurt memiliki gizi yang cukup tinggi. Selain gizi nya yang cukup tinggi juga bermanfaat bagi orang – orang yang tidak tahan gula susu ( laktosa ) atau sering dikenal dengan istilah lactose intolerance maka keterbatasannya dalam mengkonsumsi susu dapat diatasi dengan mengkonsumsi yogurt.


- TUJUAN
Tujuan utama pembuatan laporan isi untuk mengetahui secara lebih tentang cara kerja bioteknologi dalam pembuatan yogurt serta manfaatnya.

- RUMUSAN MASALAH
1. Menjelaskan bagaimana cara pembuatan yoghurt.
2. Menjelaskan apa manfaat dari yoghurt itu sendiri.
___________________________________________________________

BAB II PEMBAHASAN

- ALAT DAN BAHAN
*Alat : 
- Panci
- Pengaduk/Spatula
- Kompor/Pemanas
- Kemasan (Plastik, cup, botol)
- Kulkas
- pH meter
*Bahan : 
 - Susu sapi (Segar/kemasan) sebanyak 1 liter
- Biakan murni bakteri Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus ( dapat diganti dengan yoghurt plain )
- Essence

- CARA KERJA
1) Panaskan 1 liter susu segar yang akan difermentasikan kedalam panci hingga suhunya kurang lebih 90°C selama 15 menit. Selama pemanasan diupayakan susu diaduk supaya tidak pecah.

2) Susu di dingin kan sampai suhu mencapai 40°C, lalu masukan bibit yogurt sebanyak 2 % dari susu yang difermentasikan, sedikit demi sedikit sambil diaduk supaya larut.

3) Kemudian tutup panci tersebut dan simpanlah pada suhu 43°C selama 3 jam

4) Setelah selesai, masukan kedalam botol bekas air mineral kemudian tutup rapat rapat botol tersebut.

5) Biarkan dalam ruangan dengan suhu 43°C selama 24 jam sampai susu mengental.

*Catatan :
Untuk menambah selera dalam mengkonsumsi, produk yang diperoleh dapat dicampur dengan sirup atau sejenisnya.

______________________________________________________________

BAB III PENUTUP

- KESIMPULAN
Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Fermentasi merupakan bentuk tertua dari bioteknologi. Minuman beralkohol ( bir , anggur, tuak ) makanan terfermentasi ( keju, yoghurt, tape, tempe, petis, terasi ). Lactobacillus lebih berperan dalam pembentukan aroma, sedangkan streptococcus lebih berperan dalam pembentukan cita rasa.

- SARAN
Setelah melakukan percobaan ini, hendaknya pada saat proses pembuatan kita harus memperhatikan dari alat dan bahan yang digunakan. Dan kita harus memperhatikan suhu, pada saat proses pembuatan yoghurt itu sendiri.

__________________________________________________________

KATA PENUTUP

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.

Penulis banyak berharap, para pembaca bisa memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis, demi sempurna nya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan lainnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca.





4 comments:

  1. Terima kasih banyak... saya kelas 3 smp dan saat ini dalam ujian praktek bioteknologi dan saya pilih yoghurt... kunjungi jg ya... anakperetas.blogspot.com :)

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih Kaka Riza :) Anak 27 Sangat Terbantu Ka :)

    ReplyDelete